“Bring Technology” for Better Life! TEXNO PRENEUR

Technology

Membuat Profesional Website Blogspot Hanya Modal 150 Ribu Termasuk SSL, Bisa?

Apakah anda tau berapa yang harus dikeluarkan untuk membuat sebuah website Profesional? Mungkinkan 150 ribu atau kurang lebih 10 dollar bisa membuat website profesional?

Mari kita bahas. Pertama, Anda harus mempunyai domain TLD. Saya tidak perlu manjabarkan apa itu domain TLD, anda bisa mencarinya dengan mudah di mesin pencari. Domain TLD ini berbayar, setidaknya untuk (dot)com kurang lebih harganya sekitar 150 ribu-an. Kedua, anda harusnya menyiapkan server atau hosting untuk menyimpan aplikasi web dan termasuk data - data aset didalamnya (seperti gambar, dokumen, dll). Disini tentunya harga berfariasi tergantung dengan berapa memory dan CPU yang anda perlukan. Untuk paket paling murah yaitu hosting bisa anda beli dengan harga 15 ribu per bulan, itu artinya untuk 1 tahun anda perlu mengeluarkan 180 ribu rupiah untuk kebutuhan server. Belum lagi jika pengunjung website anda sudah meningkat, maka budget server anda juga harus ditungkatkan.

Ketiga, SSL atau https protokol untuk standar keamanan sebuah website profesional perlu anda beli, guna meningkatkan trust/kepercayaan dari pengunjung ke website anda. Biasanya, search engine pun akan memprioritaskan website yang sudah memerapkan SSL dibanding mereka yang hanya menggunakan protokol http standar. Harga yang bisa anda bayar untuk membeli SSL adalah 150 ribu-an untuk durasi kontrak 1 tahun. 

Jadi total setidaknya yang anda keluarkan untuk semua kebutuhan diatas adalah 480 ribu rupiah. Apakah tidak ada yang lebih murah untuk membuat website profesional pemula?

Disini saya akan tunjukan kepada anda bagaimana hanya dengan modal 150 ribu bisa mewujudkan itu semua. Ikuti semua langkahnya dengan seksama.

1. Membeli domain di namecheap

Kenapa harus namecheap? Menurut saya untuk anda yang ingin bekerja cepat maka namecheap adalah solusinya. Saya telah mngintegrasikan kartu kredit ke akun namecheap. Sehingga untuk membeli domain sangatlah mudah. Selain itu, proses resolve domain sangat cepat. Tapi ini bukan suatu keharusan, intinya anda harus punya domain terserah mau membelinya dimana. Kemudian modifikasi nameservernya ke nameserver Cloudflare.

2. Integrasi dengan Cloudflare

Jika anda belum memdaftar cloudflare, silahkan resgiter dulu. Yang akan kita manfaatkan dari cloudflare adalah SSL gratis, jadi tanpa membeli SSL lagi anda sudah bisa mendapatkannya secara gratis. Silahkan tambahkan domain ke cloudflare anda.

3. Lanjut buat blog di blogspot

Membuat blog di blogspot sangatlah mudah, silahkan lakukan dan masuk ke pengaturan. Lalu arahkan domain yang sudah anda beli ke blogspot. Kenapa blogspot? karena blogspot dapat menampung unlimited traffic, jika anda membeli server atau hosting, pasti anda akan mendapat limitasi sesuai dengan harga anda beli. Sehingga apabila pengunjung melebihi batas dari ketentuan harga yang anda beli, maka biasanya website anda akan down. Anda diwajibkan untuk upgrade jika ingin website anda Up kembali. Jadi blogspot adalah solusinya. 

Sampai tahap ini anda sudah mempunya website profesional dengan custom domain dan SLL hanya dengan modal 150 ribu. Tapi masih ada yang kurang, 

Ya, anda masih belum memiliki custom email. Nah, di cloudflare anda bisa memanfaatkan email forwarding, Prinsip kerjanya adalah anda menentukan email custom dengan domain anda, misal [email protected]. Lalu anda diminta mengarahkan emailnya akan dikirim kemana, kita bisa manfaatkan GMAIL sebagai penerimanya. So, setiap email yang dikirim ke [email protected] akan masuk ke email GMAIL anda. Berikut cara seting-nya. 

Mantab kan, kini anda sudah punya email dengan nama domain anda. Tanpa perlu membayar biaya tambahan apapun. Kesimpulannya adalah. Apakah bisa modal 150 ribu membuat website profesional? Jawabannya : BISA.

Last Articles

Film Vina Cirebon Dapat Rating Buruk : Film Gagal?

Sebelum 7 Hari, Film yang di pimpin oleh Anggy Umbara resmi tayang di bioskop. Film dengan durasi 1 ...

Read it

Kasus Vina Cirebon : Polisi Tak Berdaya Tangkap 3 Pelaku Utama?

Kasus Vina Cirebon, 8 Tahun dan polisi hingga kini tak berdaya menangkap 3 anggota geng motor yang m ...

Read it

Root Acer Liquid Z200 Terbaru

Cara Root Acer Liquid Z200 Terbaru dan Termudah Work - Hai para pengguna Acer Z200, kali ini syndhro ...

Read it

Fakta dan Sejarah Adani Group yang di sebut Presiden Jokowi

Didirikan oleh Gautam Adani pada tahun 1988, Adani Group adalah salah satu perusahaan konglomerat te ...

Read it

I-COIN Koin HALU Nya Warga +62?

Entah kenapa akhir - akhir ini lagi seneng ceng - ceng in token kripto buatan anak bangsa yang katan ...

Read it